Rabu, 30 September 2009

Kiat-kiat jadi anak Underground (baca: andergron!) sejati !

Versi: Dr.Morbid

1. Perbanyak referensi untuk menambah pengetahuan diri akan informasi baik lokal,nasional maupun internasional

- sering beli kaset (tapi jangan yang bajakan,dong!) dan jangan cuma sering minjem aja!

- sering 2x baca magazine/fanzine/newsletter undergron untuk menambah pengetahuan

Kalau sering membaca,pasti cepet pinter,deh!

- sering surving ke website band 2x favorit dan label favoritmu di internet. Sewa internet per-jam ....kan.... masih tergolong murah banget! O iya, sekalian dengerin sample MP3-nya!

.. ..

2. Jangan bangga bila dengan 'fashion' kaos hitam atau juga spike,belt dll, Anda sudah merasa sebagai anak andergron! (Inga..Inga….fashion "extreme" kini sering ditiru untuk dipakai 'anak gaul'!).Fashion is not no.1!

.. ..

3. Datang untuk nonton konser musik andergron! Jadi Anda nggak 'kuper'. Ini sangat penting untuk lebih mengenal komunitas ,menambah wawasan serta beradaptasi dengan anak-anak andergron lainnya. Dan juga,kalau memang niat mau nonton konser andergron,beli tiket dong! Jangan cuma nunggu gratisan/jebolan. Katanya mau dukung eksistensi musik andergrond,….beli tiket lah. Semua acara musik dibuat memakai uang,loh! Mau tahu kapan ada konser? Tanya aja ke temen-temen 'se-aliran' atau baca pamplet yang nempel di distro terdekat!

.. ..

4. Gak' usah gengsi atau malu bertanya untuk dapetin informasi yang dibutuhkan! (Nanyanya sama orang yang bener-bener lebih tahu,dong!) Tau khan, malu bertanya sesat di jalan. Tapi nanyanya jangan yang enggak-enggak. Malu-maluin.loh!

.. ..

5. Berkreatifitas lebih! Contohnya,coba deh untuk membentuk suatu band; jadi nggak cuma jadi listener aja! Sekalian,jajal kemampuan,loh! Syukur-syukur nge-band nya bisa diseriusin dan ngehasilin duit jajan. Positif khan!

.. ..

6. Sebagai sesama band,dilarang saling menjelekkan! Kalau Anda menjelekkan band lain,berarti band Andalah yang jelek! Sudah tahu band Anda jelek,kok di jelek-jelekin terus sih? He..he..

.. ..

7. Hati-hatilah dengan fanatisme berlebihan sebagai anak andergron! Hindarilah hal-hal yang dapat menjerumuskan Anda kepada segala sesuatu yang negatif! Contohnya: menjelek-jelekkan aliran musik lain baik di andergron maupun yang bukan andergron! Awas,nanti Anda terpaksa harus rela disebut 'abal-abal'! Mau?

.. ..

8. Sama-sama menjaga agar setiap event musik andergron bisa aman tanpa keributan. Peace,man! Kalau datang ke event musik,mau nonton dan menikmati musik,khan? Kalau mau berantem,ikut WWF Smack Down,aja! Jagalah citra andergronder! Andergrond bukan premanisme!

.. ..

9. Selalu ingat bahwa ada banyak jenis musik di andergron mulai dari punk,hard core,grind core sampe macam-macam metal seperti death metal,brutal death metal,black metal de el el ! Saling menghormati dan menghargailah satu sama lain! Bersatulah dan saling support! Apalagi saat ini jenis musik tadi sudah sulit untuk dikotak-kotakkan.

.. ..

10. Jangan sampe ikutan memuja-muja yang enggak-enggak! Ingat,kita orang ....Indonesia.... nih! Banggalah jadi orang ....Indonesia....!

.. ..

11. Kalau mau jadi anak andergron, bisa cari (maksudnya beli!) atribut de el el di distro (Distribution outlet) andergron. Awas,jangan salah dateng ke distro gaul! Datanglah ke distro yang tepat dengan selera Anda! Jangan beli barang bajakan,ya!

.. ..

12. Bergerilya secara sehat dan jangan sampe salah dalam memahami suatu idealisme dalam bermusik andergron! Jangan sampe terpengaruh 'kamus salah kaprah' dalam suatu idealisme yang berakibat anti terhadap "ini" ataupun anti dengan "itu"! Pelajarilah lebih lanjut suatu makna yang sesungguhnya dari sebuah idealisme. Jangan terperangkap dan dibodohi idealisme buta,brur!

.. ..

13. Terakhir yang tentunya harus selalu selalu dan selalu diingat, HINDARILAH untuk mengkonsumsi narkoba! Andergron khan bukan identik dengan narkoba! Kita butuh 'power' dan 'skill', brur! Bukan narkoba!

.. ..

OK deh, semoga Anda semua bisa jadi anak andergron yang baik,Amin!

Tidak ada komentar: